TERM PAPER
Budaya organisasiDefinisi budaya organisasi sebagai "Pola terpadu perilaku manusia yang mencakup pikiran, ucapan, tindakan, dan artefak dan tergantung pada kemampuan manusia untuk belajar dan transmisi pengetahuan untuk generasi penerus".(Terrence E. Deal dan Allan A. Kennedy dalam bukunya Ndraha, 2006, hal. 75).
Budaya organisasi
Dapat digambarkan dalam arti yang dimiliki bersama, pola-pola dari kepercayaan, simbol-simbol, ritual-ritual dan mitos-mitos yang berkembang dari waktu ke waktu dan berfungsi sebagai perekat yang menyatukan organisasi. Beraneka ragamnya bentuk organisasi atau perusahaan, tentunya mempunyai budaya yang berbeda-beda hal ini wajar karena lingkungan organisasinya berbeda-beda pula misalnya perusahaan jasa, manufaktur dan trading. (Gleser.dalam bukunya Kreitner dan Kinicki, 2005, hal 75).
Budaya Organisasi
Budaya organisasi sebagai wujud anggapan yang dimiliki, diterima secara implisit oleh kelompok dan menentukan bagaimana kelompok tersenbut rasakan, pikirkan, dan bereaksi terhadap lingkunmgannya yang beraneka ragam. Dari definisi ini, menyoroti tiga karakteristik budaya organisasi yang penting, yaitu pertama: budaya organisasi diberikan kepada para karyawan baru melalui proses sosialiasasi. Kedua, budaya organisasi mempengaruhi perilaku di tempat kerja, dan ketiga, budaya organisasi berlaku pada tingkat yang berbeda (Schein, 2005)
Hubungan budaya dengan budaya organisasi, bahwa “budaya organisasi adalah suatu kepercayaan dan nilai-nilai yang menjadi falsafah utama yang dipegang teguh oleh anggota organisasi dalam menjalankan atau mengoperasionalkan kegiatan organisasi”. (Nawawi 2003, hal. 283).
Budaya organisasi adalah suatu kebiasaan kepercayaan,, nilai, norma perilaku, dan cara melakukan bisnis yang unik bagi setiap organisasi yang mengatur pola aktivitas dan tindakan organisasi, serta melukiskan pola implisit, perilaku, dan emosi yang muncul yang menjadi karakteristik dalam organisasi. (Tunstal dalam Wirawan. 2007)
Budaya organisasi menunjukan konfigurasi unik dari norma, nilai, kepercayaan, dan cara-cara berperilaku yang memberikan karakteristik cara kelompok dan individu bekerja sama untuk menyelesaikan tugasnya. (Elridge dan Crombie dalam Wirawan. 2007)
Budaya Organisasi didefinisikan sebagai“Sebuah pola asumsi dasar bersama yang kelompok belajar seperti memecahkan masalah yang adaptasi eksternal dan integrasi internal yang telah bekerja cukup baik untuk dianggap sah dan, oleh karena itu, untuk diajarkan kepada anggota baru sebagai cara yang benar untuk memahami, berpikir, dan merasa dalam kaitannya dengan masalah tersebut.( Schein. 2004)
Referensi :
Ndraha, Talidisuhu. 2006. Teori Budaya Organisasi. Jakarta : Rineka Cipta. Hal. 75.
Kreitner dan Kinicki. 2005. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat, hal.75.
E.H. Schein,2005, Culture The Missing Concept In Organization Studies, Administrative Science Quartely,hal. 236
Nawawi Hadari, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia yang kompetitif, Yogyakarta : Gajah Mada Press.hal.283.
Wirawan. 2007. Budaya dan Iklim Organisasi. Jakarta : Salemba Empat
E.H. Schein,2004, Culture The Missing Concept In Organization Studies, Administrative Science Quartely,.
Kesimpulan
Budaya organisasi merupakan suatu pola prilaku manusia yang mencakup, pikiran, kepercayaan, konfigurasi unik, norma perilaku manusia yang berkembang dari waktu kewaktu dan mempunyai fungsi sebagai perekat untuk menyatukan organisasi. serta merupakan suatu kepercyaan dan nilai-nilai yang menjadi falsafah utama yang di pegang oleh anggota dalam mengoprasiaonalkan kegiatan organisasi, yang di dalamnya terdapat pola implisit, perilaku emosi, yang muncul menjadi karakteristik cara kelompok dan individu bekerjasama untuk menyelesaikan tugas dalam organisasi.
Isilah daftar chek list ini sesuai pendapat anda
NO Daftar Pertanyaan Keterangan dan penilaian
1. Apakah budaya organisasi birokrasi saat ini biasa di bilang baik kualitas kerjanya ? A B C D
2. Bagaimana pola ataupun peran seorang pemimpin dalam mengikuti budaya organisasi saat ini menurut anda? A B C D
3. Tinkah laku, tindakan-tindakan, etika serta nilai kerjanya aparatur pemeruntahan itu apakah sudah sesuai dengan harapan anda? A B C D
4. Sosialisasi merupakan salah satu dari budaya organisasi, bagaimana sosialisasi aparatur pemerintah dalam melayani masyarakat? A B C D
5. Nilai-niali, norma, falsafah utama yang dipegang teguh oleh anggota organisasi dalam menjalankan tugasnya, aparatur pemerintah sebagai pelayan public apkh sudah mencerminka hal ini? A B C D
Keterangan:
A: Sangat Baik
B: Baik
C: C ukup
D: Kurang
Lembar Pengesahan
Nama: Shokib
Nim: 2012210076
Fakultas: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Prodi: Ilmu Administrasi Negara
No. Hp: 087755007433
Alamat Asal: Rt.31/Rw.06 , Dsn.Ngajaran , Kc.Panngul,Kab. Trenggalek.
Di Setujui Oleh: Malang, 20 Maret 2013
Dosen pembimbing Mahasiswa
Sugeng Rusmiwari,S Sos. Ms i Shokib
0 komentar:
Posting Komentar